Kamis, 14 Juni 2012

Wawancara Bersama Ibu Kepala Sekolah kita



 Assalamualaikum.... selamat pagi bu?” sapa krisci saat menyambangi ruang kepsek di SDN Buncitan. Dengan renyahnya, Ibu Esti Kepala SDN Buncitan menyapa dengan senyum, salam, sapa, sopan+santun atau biasa lebih dikenal dengan 5S salah satu motto dari beliau. “Walaikum salam ..... sayang” jawab beliau. Jangan kaget kalau beliau memanggil kata sayang kepada siapa saja baik itu dengan para staff, bapak ibu guru junior, ataupun siswa. Kata sayang menujukkan betapa dekatnya beliau kepada semuanya. “apakabarnya bu?” tanya krisci pada beliau, “alhamdullillah, tetap semangat.. luar biasa.” jawab beliau dengan semangat pula seperti yel-yel SDN Buncitan. Lalu krisci memulai wawancara dengan beliau. “Apa yang membuat Ibu membuat buletin sekolah seperti krisci ini?” beliau menjawab, bahwasanya, banyak sekali salah satunya adalah sebagai wadah untuk menumbuh kembangkan kreatifitas siswa siswi SDN Buncitan, serta sebagai media control sosiality di SDN Buncitan. 
Pertama kali beliau diangkat menjadi kepala sekolah tahun 2007 berawal dari guru SDN Sedati Gede 2, dan menjadi Kepala SDN Segoro Tambak. Karena prestasi beliau,  meraih Kepala Sekolah Berprestasi danTerbaik se-Kabupaten Sidoarjo, beliau dipercaya untuk mengembangkan potensi dan leadernya pada SDN Buncitan. Tepatnya pada pertengahan juli 2010 beliau memimpin SDN Buncitan sebagai Kepala Sekolah. Ketika Krisci bertanya tentang tugas pokok kepala sekolah, Bu Esti menjawab, bahwa tugas sebagai Kepala Sekolah yang diemban adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab  yang lebih dikenal dengan EMASLIM yaitu Edukator, membimbing seluruh pendidikan dan tenaga kependidikan dengan siswa, Manajer sebagai manajer, Bu Esti menyusun program sekolah menggerakkan seluruh tenaga pendidik serta mengoptimalkan sumber daya sekolah, Administrator mengelola administrasi KBM (kegiatan Belajar Mengajar) dan BK (Bimbingan Konseling), Kesiswaan, Ketenagaan, Sarpras dan Keuangan.  Yang keempat adalah Supervisor adalah menyusun program dan melaksanakan program supervisi dan menggunakan hasil supervisi sebagai acuan kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya.. Kemudian Leader, sebagai leader memiliki kepribadian yang kuat, memahami kondisi anak buahyang baik, memiliki visi+misi sekolah serta memiliki kemampuan mengambil keputusan dan kemampuan berkomunikasi, Inovator mampu menemukan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah, dan yang terakhir adalah Motivator kemampuan mengatur lingkungan kerja dan saarana kerja, serta kemampuan menerapkan reward dan warning.


    Saat ditanya Krisci, tentang pertama kali yang harus dilakukan Ibu Esti untuk SDN Buncitan, Bu Esti yang hobbi olahraga, traveling, dan seni ini  menjawab dengan gamblang dan lancar, beliau akan mencari kekuatan dan okelemahan pada SDN Buncitan. Adapun kekuatannya yaitu, menggali potensi SDM yang ada baik dari guru, staff sekolah, maupun wali murid yang mayoritas latar pendidikan perguruan tinggi dan latar belakang sosial ekonomi yang mapan. Dari segi kelemahan, beliau akan meyusun program jangka menengah (RKS). Yang kedua, beliau akan memprogramkan jangka pendek berkaitan dengan Akademis yaitu, meningkatkan prestasi siswa dalam lomba bidang studi. Yaitu yang sekarang sedang berjalan adalah lomba olimpiade IPA yang mengantongi juara I tingkat Kecamatan dan akan melaju ke tingkat Kabupaten pada April 2012 mendatang, yang kedua adalah menjuarai lomba olimpiade matematika (juara IV) program sebuah lembaga pendidikan tingkat Kabupaten Sidoarjo. Serta meningkatkan Nilai UN dalam ujian Mei 2012 mendatang agar dapat masuk sekolah berkualitas seperti harapannya. Untuk bidang non akademis, SDN Buncitan pada pertengahan 2010, juga berhasil meraih juara I (satu) GITAPATI (Drum band) tingkat provinsi pada awal leader Bu Esti di SDN Buncitan, juga pada event lomba busana muslim tingkat kecamatan dan lomba busana batik tingkat kabupaten. Serta akan meningkatkan kredibilitas guru agar menjadi guru yang profesional, Ibu Esti menyarankan untuk mengikuti pengembangan pembelajaran PAKEMI (Pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif ,Menyenangkan, dan Inovatif) kemudian melalui KKG (yang sekarang berlangsung di SDN Buncitan sebagai SD inti), Diklat, Seminar, serta meningkatkan kompetensi IT (Informasi dan Teknologi) pada Bapak Ibu guru SDN Buncitan. Jangka dekat yang berlangsung saat ini  adalah melengkapi Sarpras dan gedung antaranya, media pendidikan seperti LCD, lapangan futsal yang tentunya perbaikan tersebut dialokasikan dari APBN, APBD dan dari dana BOS. Adapun program jangka panjangnya yaitu, Ibu Esti merealisasi RSSN (Rintisan Sekolah Standart Nasional) yang diharapkan oleh beliau dalam 3 tahun terakhir ini dapat menjadi SSN (Sekolah Standart Nasional) tentunya, tidak lepas juga bantuan dan peran serta dari seluruh warga sekola yaitu guru, murid, komite, wali murid dan warga sekitar serta Dinas terkait.
    Sementara pada saat ditanya program apa saja yang sudah Ibu Esti jalankan pada SDN Buncitan saat ini ataupun yang sudah berlangsung, beliu menjawab dengan antusiasme yang tinggi “Ada 6 diantaranya” yaitu salah satunya adalah PAGUYUBAN. Paguyuban di sini berfungsi untuk membantu melaksanakan program sekolah. Kata beliau “tanpa bantuan wali murid bagai burung berkepak dengan satu sayap”. Sembari tertawa menjawabnya. Yang kedua adalah penambahan personil komite yang diambil dari wali murid yang sangat perduli dan sangat membantu pada program-program sekolah. Yang ketiga adalah Pembentukan pengurus ekskul diantara yang sudah berjalan adalah Drum band, kemudian pengadaan ekskul MD (Matematika Dasyat) dan PEA program Bahasa Inggris untuk menunjang prestasi akademik. Yang ke lima adalah pelatihan IT dan Bahasa Inggris untuk Bapak Ibu Guru SDN Buncitan. Dan yang ke enam, meningkatkan nilai UASBN dan masuk  sekolah yang berkualitas seperti yang diharapkan. Ketika krisci bertanya lagi untuk terakhirnya tentang apa visi dari SDN Buncitan, penyuka makanan jawa atau kata beliau makanan ndeso, yang pedas-pedas menjawab yaitu, terwujudnya peserta didik yang beraklaq mulia, cerdas, terampil, dan mandiri berdasar IMTAQ (yang mulai 2011 sedang melaksanakan pendidikan berkarakter bangsa atau PKB) yang diwujudkan dengan membiasakan bersalaman dengan bapak ibu guru saat bel masuk, sholat dhuhur berjama'ah, doa bersama, disiplin waktu, dan berpakaian, membuang sampah pada tempatnya, dan tentunya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun). Adapun juga saran yang di sampaikan beliau adalah, sekolah sangat terbuka kepada seluruh wali murid atau masyarakat apabila ada hal-hal yang perlu disampaikan tentunya yang positif (dalam arti untuk kemajuan SDN Buncitan), baik secara lisan (tatap muka dengan Ibu Kepsek, atau bapak ibu guru) ataupun tertulis (tentunya dengan identitas yang jelas). Setelah krisci mengakhri wawancara dan ingin pamit dari hadapan beliau, beliau berkata “tetap semangat sayang,.... “ “terima kasih bu atas waktu yang diberikan, assalamualaikum.....” “walaikum salam....” jawab bu Esti dengan senyum mengakhiri wawancara pada senin siang itu (13-02-2011).

BIODATA IBU ESTI
Nama Lengkap    : Hj Esti Angkasawati,S.Pd,MM
Tempat tgl lahir     :Banyuwangi 20 September 1959
Agama                  : Islam
Alamat                  : Perum Tamrin Jl.Ikan Piranha 7 Waru- Sidarjo
Hobi                      : Olahraga, Seni dan Travelling
Suami        : Fachrudin M, SE
Pekerjaan    : Perum Pengadaian (purna tugas)
Putra        :  2
          Endiek Nuswantoro (Pelaut)
          Donny Kusmanagri (Pilot)
Cucu        : M. Nehan Nuswantoro 3th
          Al-fatih Nuswantoro 2th
Kegiatan    : Wakil Ketua PGRI Kec. Sedati
          Wakil Ketua Pramuka Kec. Sedati
          Bendahara K3S Kec. Sedati
Prestasi    : Juara I Kepala Sekolah Sidoarjo                    
          Simposium  Bermutu tingkat Nasional
          TOT (Trinning Of Traner) DCT assesor
                          penilaian kinerja guru Prov.Jatm .(deny)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Copyright © SDN BUNCITAN Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger